Alasan Pengembangan Kurikulum 2013
Saturday, July 20, 2013
Masih tentang Kurikulum 2013, karena dimana-mana topik pembicaraan para pendidik memang seputar Kurikulum 2013, yang katanya terlalu dini dan terkesan dipaksakan. Bahkan ada sebagian yang berkomentar bahwa "Kurikulum 2013 adalah proyek menjelang pemilu 2014" (semoga itu tidak benar). Sebagian lagi berkomentar "biasa ganti menteri ganti kurikulum", sebagai bentuk bahwa sang menteri juga memiliki sebuah karya.
Lepas dari semua komentar tersebut di atas, Kurikulum memang harus ganti menyesuaikan perkembangan zaman. Kalau memang ada kekurangan mungkin itu karena awal pelaksanaan membutuhkan adaptasi dan penyesuaian. Sebagian pendidik (bahkan yang belum mengimplementasikan Kurikulum 2013) juga ikut berkomentar miring tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 ini. Bagi yang belum memahami tentang Elemen Perubahan Pada Kurikulum 2013 dan Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum 2006 (KTSP) telah saya tulis pada artikel sebelumnya.
Mengapa kurikulum 2006 (KTSP) harus berubah menjadi Kurikulum 2013, Berikut adalah alasan pengembangan Kurikulum 2013 :
Tantangan Masa Depan
Fenomena Negatif yang Mengemuka
Persepsi Masyarakat
Lepas dari semua komentar tersebut di atas, Kurikulum memang harus ganti menyesuaikan perkembangan zaman. Kalau memang ada kekurangan mungkin itu karena awal pelaksanaan membutuhkan adaptasi dan penyesuaian. Sebagian pendidik (bahkan yang belum mengimplementasikan Kurikulum 2013) juga ikut berkomentar miring tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 ini. Bagi yang belum memahami tentang Elemen Perubahan Pada Kurikulum 2013 dan Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum 2006 (KTSP) telah saya tulis pada artikel sebelumnya.
Mengapa kurikulum 2006 (KTSP) harus berubah menjadi Kurikulum 2013, Berikut adalah alasan pengembangan Kurikulum 2013 :
Tantangan Masa Depan
- Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
- Masalah lingkungan hidup
- Kemajuan teknologi informasi
- Konvergensi ilmu dan teknologi
- Ekonomi berbasis pengetahuan
- Kebangkitan industri kreatif dan budaya
- Pergeseran kekuatan ekonomi dunia
- Pengaruh dan imbas teknosains
- Mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan
- Hasil TIMSS dan PISA
- Kemampuan berkomunikasi
- Kemampuan berpikir jernih dan kritis
- Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan
- Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab
- Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda
- Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal
- Memiliki minat luas dalam kehidupan
- Memiliki kesiapan untuk bekerja
- Memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya
- Memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan
Fenomena Negatif yang Mengemuka
- Perkelahian pelajar
- Narkoba
- Korupsi
- Plagiarisme
- Kecurangan dalam Ujian (Contek, Kerpek..)
- Gejolak masyarakat (social unrest)
Persepsi Masyarakat
- Terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif
- Beban siswa terlalu berat
- Kurang bermuatan karakter
0 comments:
Post a Comment