Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum 2006 (KTSP)

Thursday, July 18, 2013

Pada artikel sebelumnya telah saya bahas tentang Kurikulum 2013 dan Elemen Perubahan Pada Kurikulum 2013. Dari artkel sebelumya telah saya sebutkan bahawa elemen-elemen perubahan yang terdapat pada Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Lulusan, Kedudukan mata pelajaran (ISI), Pendekatan (ISI), Struktur Kurikulum (Mata pelajaran dan alokasi waktu) (ISI), Proses pembelajaran, Penilaian hasil belajar, dan Ekstrakurikuler. Untuk lebih jelas silahkan baca Elemen Perubahan Pada Kurikulum 2013.

Setelah memahami Elemen Perubahan Pada Kurikulum 2013, maka saya akan coba sampaikan tentang Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum KTSP. Ada beberapa perbedaan yang esensial antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 yang sering disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Berikut ini Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum 2006 (KTSP) :
SEMUA JENJANG
  • KTSP
    • Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu.
    • Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri.
    • Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda.
  • Kurikulum 2013
    • Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (sikap, keterampilan, pengetahuan).
    • Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas.
    • Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama [saintifik] melalui mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.
    JENJANG SEKOLAH DASAR (SD)
  • KTSP
    • Bahasa Indonesia sejajar dengan mapel lain.
    • Tematik untuk kelas I - III (belum integratif).
    • Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah (separated curriculum).
  • Kurikulum 2013
    • Bahasa Indonesia sebagai penghela mapel lain (sikap dan keterampilan berbahasa)
    • Tematik Integratif untuk Kelas I - VI.
    • Bermacam jenis konten pembelajaran diajarkan terkait dan terpadu satu sama lain (cross curriculum atau integrated curriculum).
    • Konten ilmu pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya.
    JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
  • KTSP
    • TIK adalah mata pelajaran sendiri.
    • Bahasa Indonesia sebagai pengetahuan.
  • Kurikulum 2013
    • TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain.
    • Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of knowledge.
    JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
  • KTSP
    • Bahasa Indonesia sebagai pengetahuan.
    • Untuk SMA, ada penjurusan sejak kelas XI
    • SMA dan SMK tanpa kesamaan kompetensi
    • Penjurusan di SMK sangat detil (sampai keahlian)
  • Kurikulum 2013
    • Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of knowledge.
    • Tidak ada penjurusan di SMA. Ada mata pelajaran wajib, peminatan, antar minat, dan pendalaman minat.
    • SMA dan SMK memiliki mata pelajaran wajib yang sama terkait dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap
    • Penjurusan di SMK tidak terlalu detil (sampai bidang studi), didalamnya terdapat pengelompokkan peminatan dan pendalaman

    0 comments:

    Post a Comment

    Copyright   © 2010 Blog Academy All Rights Reserved

    Powered by Mr.D